(SIMULASI) Contoh Soal TPA Persamaan Kata (Sinonim)

Tes persamaan kata atau sinonim adalah salah satu contoh soal tpa untuk mengetes kemampuan verbal seseorang. Dalam tes ini Sobat akan di suguhkan sebuah kata dan ada lima pilihan jawaban, dari A, B, C, D serta E. Nah disini Sobat di tuntut untuk menentukan pilihan mana yang paling sesuai dengan soal. Untuk mengetahui gambaran secara mendetail tentang kemampuan verbal, sobat bisa membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul Macam Jenis Tes Potensi Akademik dan Fungsinya.
Kesempatan kali ini soaltpamu.blogspot.com akan memberikan soal-soal tpa simulasi, yang disertai dengan pembahasannya. Ada waktu yang di tentukan disini, jadi Sobat silahkan menyesuaikan sendiri waktunya. Nah sobat bisa menjawab soal-soal simulasi dari kami, di kertas tersendiri, dan ketika sudah selesai, silahkan Sobat cocokan jawabannya dengan jawaban dari kami. Oke, yuk langsung disimak saja simulasi dibawah ini. 
(SIMULASI) Contoh Soal TPA Persamaan Kata (Sinonim), simulasi tes potensi akademik kemampuan verbal tes persamaan kata sinonim, contoh soal tpa sinonim

TES SINONIM 
30 Soal - 15 Menit

PETUNJUK: 
Pilih salah satu jawaban dari lima opsi, A, B, C, D, atau E yang mempunyai arti sama atau mendekati dengan arti kata yang dicetak dalam huruf kapital. 

1. ANALOGI
A. Tersusun
B. Perbandingan
C. Pengembangan
D. Telaah
E. Menguraikan

Jawaban:
Jawaban: B. Perbandingan.
Analogi memiliki arti perbadingan, kias atau metafora. Sedangkan pada hilihan lain yakni tersusun, pengembangan, telaan dan menguraikan tidak memiliki arti yang sesuai dengan analogi.
2. MANGKAK
A. Bengkak
B. Mangkat
C. Bangga
D. Dongkol
E. Hampa
Jawaban:
Jawaban: C. Bangga
Mengkak memiliki arti besar hati atau bangga. Bengkak berarti menjadi besar karena pengaruh dari sesuatu, mangkat berarti mati, dongkol berarti perasaan kesal, dan hampa berarti kosong.
3. BARIER
A. Pertahanan
B. Belokan
C. Sungkup
D. Puncak
E. Penghalang
Jawaban:
Jawaban: E. Penghalang
Barier berarti pencegat atau penghalang. Sedangkan sungkup berarti tutup. Patahan berarti bagian yang patah, belokan artinya tikungan dan puncak artinya titik tertinggi.
4. LEGIUN
A. Gabungan
B. Individu
C. Sipil
D. Armada
E. Pertahanan
Jawaban:
Jawaban: D. Armada
Kata legiun berarti laskar, angkatan, bala, armada. Sedangkan individu artinya sendiri, sipil artinya penduduk. Gabungan dan pertahanan sudah memiliki arti yang jelas.
5. INKUBASI
A. Pengembangbiakan
B. Masa tunas
C. Merawat
D. Laju sel
E. Pengubahan
Jawaban:
Jawaban: B. Masa Tunas
Inkubasi merupakan istilah yang umum digunakan dalam bidang kedokteran yang berarti masa dari saat penyebab penyakit masuk ke tubuh sampai saat penyakit itu timbul masa tunas. Dari pilihan jawaban yang tersedia, yang maknanya paling mendekati adalah masa tunas.
6. ENIGMA
A. Semesta
B. Nyata
C. Bayangan
D. Klenik
E. Misteri
Jawaban:
Jawaban: E. Misterius
Enigma memiliki arti teka-teki, tidak jelas atau misterius. Semesta artinya selmuanya, nyata artinya ada, bayangan artinya sesuatu yang seakan-akan ada padahal tidak, dan klenik artinya kegiantan perdukunan.
7. ELUSIF
A. Terkaan
B. Sandi 
C. Misterius
D. Dugaan
E. Terpencil
Jawaban:
Jawaban: C. Misteris
Elusif merupakan padanan kata dari misterius, asing, komplek. Pilihan kata terkaan dan dugaan memiliki arti yang sama dan tidak bermakna elusif. Sedangkan sandi memiliki arti kode dan terpencil berarti sulit diakses.
8. FRAGMEN
A. Penggalan
B. Bagian
C. Sisi
D. Nukilan
E. Rangkaian
Jawaban:
Jawaban: D. Nukilan
Fragmen berarti cuplikan, kutipan, petikan, nukilan. Kata penggalan, bagian, sisi, dan rangkaian memiliki makna yang tidak sama dengan arti fragmen.
9. INTERDIKSI
A. Pelarangan
B. Pengecualian
C. Persetujuan
D. Penyimpangan
E. Kesenjangan
Jawaban:
Jawaban: A. Pelarangan
Interdiksi berarti pelarangan. Pilihan (B), (C), (D), dan (E), tidak memiliki makna yang sama dengan kata interdiksi.
10. DEPORTASI
A. Perhubungan
B. Penurunan
C. Pengangkatan
D. Pengusiran
E. Pengawasan
Jawaban:
Jawaban: D. Pengusiran
Deportasi artinya pembuangan, pengasingan, atau pengungsian seseorang ke luar negeri sebagai hukuman atau karena orang tersebut tidak berhak tinggal disuatu daerah. Dari semua pilihan yang tersedia, kata yang memiliki makna mendekati kata deportasi hanya pengusiran.
11. EKSAK
A. Nyata
B. Tunggal
C. Sesuai
D. Tepat
E. Terbukti
Jawaban:
Jawaban: D. Pasti
Eksak berarti akurat, cermat, tentu, tepat. Nyata artinya ada, tunggal artinya satu-satunya, sesuai artinya selaras, dan terbukti berarti keterangan nyata.
12. MEMBRAN
A. Plasma
B. Inti
C. Selaput
D. Kelenjar
E. Saluran
Jawaban:
Jawaban: C. Selaput
Kata membran merupakan istilah dalam bidang Biologi yang semakna dengan jaringan, polikel, selaput. Kata plasma, inti, kelenjar, dan saluran juga termasuk istilah dalam bidang Biologi, tetapi tidak memiliki arti yang sama dengan membran.
13. GLOSARI
A. Istilah
B. Kosakata
C. Daftar
D. Penjelasan
E. Rangkuman
Jawaban:
Jawaban: B. Kosakata
Glosari berarti daftar istilah, daftar kata, vokabuler, kosakata. Sedangkan, istilah merupakan gabungan kata yang mengungkapkan makna. Daftar berarti catatan sejumlah hal. Penjelasan berarti perbuatan menjelaskan dan rangkuman dapat juga diartikan ringkasan. Dari pilihan jawaban yang tersedia, kata yang paling mendekati maknanya dengan kata glosari adalah kosakata.
14. PREVALENSI
A. Umum
B. Khusus
C. Guncangan
D. Ketakutan
E. Senang
Jawaban:
Jawaban: A. Umum
Prevalensi memiliki arti umum, atau lazim. Pada pilihan jawaban (B), khusus merupakan lawan kata dari umum. Pilihan (C), guncangan berarti gerakan atau goyang yang kuat. Pilihan (D), ketakutan artinya rasa takut dan pilihan (E), senang berarti puas atau lega.
15. DISKREDIT
A. Menghalau
B. Menepikan
C. Meminggirkan
D. Memojokkan
E. Merusak
Jawaban:
Jawaban: D. Memojokan
Diskredit berarti memburukan, memfitnah, memojokkan. Arti menghalau adalah mengusir. Sedangkan menepikan berarti membawa ke tepi, hampir sama dengan arti pilihan jawaban meminggirkan dan merusak berarti menjadikan rusak.
16. ISRAF
A. Mashur
B. Boros
C. Hemat
D. Bebas
E. Mustahil
Jawaban:
Jawaban: B. Boros
Israf memiliki arti boros. Pada pilihan jawaban (A), mashur berarti terkenal, (C), hemat merupakan lawan kata dari boros, (D) bebas, berarti lepas, (E) mustahil, artinya tidak mungkin.
17. KORVE
A. Kapal
B. Diskon
C. Perjanjian
D. Kerja Rodi
E. Kejang
Jawaban:
Jawaban: D. Kerja rodi
Korve berarti kerja paksa (diharuskan oleh penguasa, yang diupah sedikit sekali, atau tidak sama sekali)
18. KONGSI
A. Komunitas
B. Alamat
C. Perseroan
D. Ikatan
E. Organisasi
Jawaban:
Jawaban: C. Perseroan
Kongsi berarti perserikatan, perkumpulan, persekutuan, dagang, perseroan. Pilihan (A), (B), (D), dan (E) memiliki makna yang sama yaitu persatuan.
19. UGAHARI
A. Mewah
B. Sederhana
C. Miskin
D. Kaya
E. Sabar
Jawaban:
Jawaban: B. Sederhana
Ugahari berarti sedang, pertengahan, atau sederhana. Kata mewah berarti serba berlebihan, miskin artinya tidak berharta, kaya berarti memiliki banyak harta, sedangkan sabar berarti tahan menghadapi cobaan.
20. EVIDEN
A. Berani
B. Semu
C. Nyata
D. Karakteristik
E. Pola
Jawaban:
Jawaban: C Nyata
Eviden memiliki arti jelas atau nyata. Pada pilihan (A), berani berarti mempunyai rasa percaya diri. (B), semu berarti tampak seperti asli padahal tidak. (D), karakteristik artinya khas dan (E), pola artinya corak.
21. FEODAL
A. Pribumi
B. Konservatif
C. Modern
D. Berkembang
E. Terpadu
Jawaban:
Jawaban: B. Konservatif
Feodal adalah istilah yang berarti kolot, konservatif. Kata pribumi berarti penghuni asli, sedangkan kata modern merupakan lawan dari kata kolot. Kata berkembang berarti membentang dan terpadu artinya dileburkan.
22. BUSTAN
A. Teras
B. Taman
C. Butik
D. Jubah
E. Buruh
Jawaban:
Jawaban: B. Taman
Bustan memiliki arti kebun atau taman. Sedangkan teras berarti bidang tanah yang agak miring, butik berarti toko pakaian eksklusif, jubah artinya baju panjang dan buruh artinya pekerja.
23. MANIFESTO
A. Keuntungan
B. Investasi
C. Stabilitas
D. Korupsi
E. Deklarasi
Jawaban:
Jawaban: E. Deklarasi
Manifesto memiliki arti pernyataan terbuka tentang tujuan dan pandangan seseorang atau deklarasi. Keuntungan berarti laba, investasi berarti penanaman modal, stabilitas artinya keseimbangan, dan korupsi berarti penyelewengan..
24. ABOLISI
A. Kepercayaan
B. Kepatuhan
C. Pemberian mandat
D. Penghapusan hukuman
E. Pemberian maaf
Jawaban:
Jawaban: D. Penghapusan Hukuman
Abolisi artinya peniadaan peristiwa pidana, penghapusan (perbudakan di Amerika). PIlihan (A), (B), (C) dan (E), tidak sesuai dengan arti kata abolisi.
25. WAGON
A. Rel
B. Gerbong
C. Roda
D. Upah
E. Bendungan
Jawaban:
Jawaban: B. Gerbong
Wagon memiliki arti gerobak, atau kereta atau gerbong.
26. NISBAH
A. Angka
B. Bilangan
C. Skala
D. Pecahan
E. Pembilang
Jawaban:
Jawaban: C. Skala
Nisbah merupakan istilah yang berarti perbandingan, rasio, skala. Piliihan (A), (B), (D), dan (E) merupakan kata yang biasa digunakan dalam bidang matematika. Namun keempat kata tersebut tidak sesuai dengan kata nisbah.
27. KELIR
A. Selubung
B. Jalur
C. Pemisah
D. Layar
E. Penahan
Jawaban:
Jawaban: D. Layar
Kelir adalah kata yang memiliki sinonim dengan kerai, tabir, layar. Selubung berarti sesuatu yang membungkus, jalur berarti garis lebar, pemisah artinya batas yang memisahkan, dan penahan berarti sesuatu yang menahan.
28. AVERSI
A. Awam
B. Iri
C. Hobi
D. Anarki
E. Sombong
Jawaban:
Jawaban: B. Iri
Aversi memiliki arti keengganan, iri, sikap, atau perasaan ketidaksenangan terhadap milik orang lain. Awam berarti orang biasa, hobi kegemaran, anarki artinya kekacauan, dan sombong berarti congkak. Berdasarkan arti kata pilihan jawaban tersebut, sinonim kata aversi adalah Iri.
29. BOYAK
A. Lalai
B. Hambar
C. Sedap
D. Segar
E. Layu
Jawaban:
Jawaban: B. Hambar
Boyak memiliki arti hambar atau tidak sedap. Pilihan (A), lalai berarti lupa, (C) sedap artinya enak, (D) segar artinya tidak layu, dan (E) layu, artinya pucat atau lemah. Jadi pilihan yang paling sesuai untuk sinonim Boyak adalah hambar.
30. MUKADIMAH
A. Prapendapat
B. Keterangan
C. Salam
D. Bagian
E. Penduhuluan.
Jawaban:
Jawaban: E. Pendahuluan
Mukadimah merupakan kata dari bahasa Arab yang berarti pembukaan, prakata, preambul, pendahuluan. Pilihan jawaban (A), (B), (C), dan (D) tidak memiliki makna yang sesuai dengan arti kata mukadimah.
Bagaimana Sob, apakah Sobat sudah berhasil menyelesaikan Contoh Soal TPA diatas? Setelah di cocokan, berapa jawaban Sobat yang benar?. Kedepannya, kami akan berbagi simulasi Soal TPA lawan kata (antonim) untuk itu pantengin terus blog ini ya Sob. 
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "(SIMULASI) Contoh Soal TPA Persamaan Kata (Sinonim)"

Posting Komentar