(SIMULASI) Contoh Soal TPA Lawan Kata (Antonim)

Tes lawan kata atau antonim merupakan salah satu tes kemampuan akademik (TPA) yang bertujuan untuk menguji kemampuan verbal seseorang. Terutama dalam hal ketelitian serta kemampuan analisis serta sintesis para peserta tes. Antonim dapat diartikan sebagai kata yang memiliki makna atau pengertian yang berlawanan dengan kata lainnya. Untuk mengetahui secara rinci apa itu tes antonim Sobat bisa membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul Tes Kemampuan Verbal Antonim.
Setelah Sobat mempunyai gambaran yang jelas mengenai tes antonim (lawan kata), nah kali ini soaltpamu.blogspot.com akan mencoba memberikan simulasi untuk Sobat coba kerjakan. Dalam simulasi ini kami sudah menyiapkan jawaban dari masing-masing soal beserta penjelasannya. Nanti sobat bisa menjawabnya di kertas terlebih dahulu, dan setelah selesai baru mecocokan jawaban dari kami. Oke langsung ke tkp yuk sob.
(SIMULASI) Contoh Soal TPA Lawan Kata (Antonim), Tes Potensi Akademik Kemampuan Verbal Lawan Kata, Contoh Soal TPA Lawan Kata, Simulasi TPA

TES ANTONIM
30 Soal - 15 Menit

PETUNJUK:
Pilih salah satu jawaban dari lima opsi A, B, C, D, atau E yang mempunyai arti sema atau mendekati arti kaya yang dicetak dalam huruf kapital.

1. FLEKSIBEL
A. Luwes
B. Tak pilih-pilih
C. Selaras
D. Diam
E. Kaku
Jawaban:
Jawaban: E. Kaku
Fleksibel berarti lentur, luwes, atau mudah menyesuaikan. Pilihan (A), (B), (C) dan (D) tidak memiliki makna yang sesuai dengan kata fleksibel. Jadi antonim yang tepat untuk fleksibel adalah kaku.
2. APATIS
A. Ragu
B. Jujur
C. Obyektif
D. Tegas
E. Peduli
Jawaban:
Jawaban: E. Peduli
Apatis adalah istilah yang berarti acuh tidak acuh, tidak peduli atau masa bodoh. Pilihan (A), ragu memiliki arti bimbang, (B), jujur artinya lurus hati, (C), Obyektif artinya netral, dan (D), tegas berarti jelas dan terang. Jadi antonim yang tepat untuk kata apatis adalah peduli.
3. DIFUSI
A. Pengumpulan
B. Penyebaran
C. Peningkatan
D. Penurunan
E. Pembanding
Jawaban:
Jawaban: A. Pengumpulan
Difusi memiliki arti penyebaran atau perembesan. Pilihan jawaban (B), (C), (D), dan (E) tidak memiliki antonim yang sesuai dengan kata difusi. Jadi, antonim yang tepat untuk kata difusi adalah pengumpulan.
4. DISONANSI
A. Diam
B. Disharmoni
C. Harmoni
D. Pasif
E. Ramai
Jawaban:
Jawaban: C. Harmoni
Disonansi memiliki arti tidak padu. Pilihan (A), diam berarti tidak bersuara, (B), disharmoni artinya ketidakselarasan, (D), pasif artinya tidak aktif, dan (E), ramai berarti meriah. Jadi, anonim yang tepat untuk kata disonansi adalah harmoni.
5. BENGUK
A. Apatis
B. Jujur
C. Heroik
D. Sedih
E. Gembira
Jawaban:
Jawaban: E. Gembira
Benguk memiliki arti murung atau bersedih. Pilihan (A), apatis artinya tidak peduli, (B), jujur artinya tidak bohong, (C), heroik artinya bersifat pahlawan dan (D), sedih merupakan sinonim dari kata benguk. Jadi, antonim yang tepat untuk kata benguk adalah gembira.
6.  BACAR
A. Terbuka
B. Gagap
C. Berbeda
D. Galir
E. Diam
Jawaban:
Jawaban: B. Gagap
Bancar memiliki arti lancar dan banyak bicara. Pilihan (A), terbuka artinya tidak dirahasiakan, (C), berbeda artinya berlainan, (D), galir artinya longgar, dan (E), diam artinya tidak bersuara. Jadi, antonim yang tepat untuk kata bacar adalah gagap.
7. HETEROGEN
A. Bervariasi
B. Beragam
C. Aneka macam
D. Homogen
E. Halogen
Jawaban:
Jawaban: D. Homogen
Heterogen artinya bervariasi, bermacam-macam, beragam, banyak jenis. Dengan demikian, pilihan yang tersisa adalah (D) dan (E) yaitu homogen dan halogen. Halogen merupakan salah satu jenis gas. Sedangkan homogen artinya terdiri dari tipe atau unsur yang sama, sejenis. Jadi, antonim kata heterogen yang tepat adalah homogen.
8. FEODAL
A. Maskulin
B. Modern
C. Kolot
D. Sukma
E. Substansi
Jawaban:
Jawaban: B. Modern
Feodal memiliki arti kratis atau kolot. Pilihan (A), maskulin artinya bersifat jantan, (C), kolot merupakan sinopsis dari kata feodal, (D) sukma berarti jiwa, (E), substansi artinya isi. Jadi, antonim yang tepat untuk kata feodal adalah modern.
9. ABSTRAK
A. Absurd
B. Asli
C. Konkret
D. Asing
E. Azali
Jawaban:
Jawaban: C. Konkret
Abstrak artinya tidak berbentuk, tidak berwujud. Pilihan (A) absurd artinya tidak jelas, (B) asli artinya tidak palsu (D) asing artinya aneh atau tidak biasa dan (E) azali artinya dahulu. Jadi, antonim yang tepat untuk kata abstrak adalah konkret.
10. MUSKIL
A. Hampa
B. Rajin
C. Mungkin
D. Tangkas
E. Lekas
Jawaban:
Jawaban: C. Mungkin
Muskil memiliki arti sukar, sulit atau pelik. Pilihan (A) hampa artinya kosong, (B) rajin artinya giat, (D) tangkas artinya cekatan, dan (E) lekas artinya segera. Jadi, antonim dari kata muskil yang paling tepat adalah mungkin.
11. ANALOG
A. Jamak
B. Identik
C. Berbeda
D. Idola
E. Asal
Jawaban:
Jawaban: C. Berbeda
Analog memiliki arti bersangkutan atau serupa. Pilihan (A) jamak artinya lumrah, (B) identik artinya sama dan sebangun, (D) idola artinya orang atau barang yang menjadi pujian, dan (E) asal artinya keadaan semula. Jadi, antonim yang tepat untuk kata analog adalah berbeda.
12. DAIF
A. Kurang
B. Mulia
C. Bernilai
D. Murni
E. Cela
Jawaban:
Jawaban: B. Mulia
Daif berarti lemah, hina atau cacat. Pilihan (A) kurang artinya belum atau tidak cukup, (C) bernilai artinya bermutu, (D) murni artinya tidak tercampur dengan unsur lain, dan (E) cela memiliki arti yang sama dengan daif. Jadi, lawan kata yang sesuai untuk kata daif adalah mulia.
13. AMATIR
A. Jago
B. Duplikat
C. Profesional
D. Profesor
E. Dosen
Jawaban:
Jawaban: C. Profesional
Amatir artinya orang yang melakukan sesuatu atas dasar kesukaan atau hobi. Pilihan (A) jago artinya juara, (B) duplikat artinya salinan, (C) profesional artinya orang yang ahli atau kompeten melakukan sesuatu dan atas dasar upah atau bayaran, (D) profesor artinya guru besar, dan (E) dosen artinya tenaga pengajar di perguruan tinggi. Jadi, antonim kata amatir yang paling tepat adalah profesional.
14. APRIORI
A. Prioritas
B. Aposteriori
C. Proposi
D. Interes
E. Unggulan
Jawaban:
Jawaban: B. Aposteriori
Apriori artinya beranggapan sebelum mengetahui (melihat, menyelidiki) keadaan yang sebenarnya. Pilihan (A) prioritas artinya yang diutamakan, (B) aposteriori artinya setelah ketahui (dilihat, diselidiki) keadaan yang sebenarnya, (C) proporsi, artinya perbandingan (D) interes artinya minat dan (E) unggulan artinya lebih tinggi. Jadi, antonim yang tepat untuk kata apriori adalah aposteriori.
15. ELEKTIF
A. Frontal
B. Radikal
C. Konklusif
D. Tak pilih-pilih
E. Spiritual
Jawaban:
Jawaban: D. Tidak pilih-pilih
Elektif artinya bersifat pilihan. Frontal artinya terang-terangan, konklusif sama artinya dengan positif, radikal artinya ekstrem. Dan spiritual artinya bersifat keagamaan. Jadi, antonim kata elektif yang paling tepat adalah tidak pilih-pilih.
16. HIPOKRIT
A. Jujur
B. Pembohong
C. Sabar
D. Kamuflase
E. Terbuka
Jawaban:
Jawaban: A. Jujur
Hipokrit artinya munafik atau orang yang suka berpura-pura. Jujur artinya lurus hati, pembohong artinya orang yang tidak jujur, sabar artinya tahan menghadapi cobaan, kamuflase artinya penyamaran dan terbuka artinya tidak dirahasiakan. Jadi, antonim kata hiprokit yang paling tepat adalah jujur.
17. ELASTIS
A. Kaku
B. Lentur
C. Lembut
D. Praktis
E. Kenyal
Jawaban:
Jawaban: A. Kaku
Elastis artinya lentur, mudah berubah bentuknya dan mudah kembali ke bentuk asal. Praktis artinya berdaya guna atau efektif. Sedangkan lentur dan kenyal memiliki makna yang sama dengan elastis. Jadi, antonim kata elastis yang paling tepat adalah kaku.
18. INVALID
A. Fit
B. Bugar
C. Segar
D. Mandiri
E. Normal
Jawaban:
Jawaban: E. Normal
Invalid adalah kata yang berarti lemah atau cacat anggota badan karena sakit atau luka. Kata fit dan bugar memiliki arti yang sama yakni sehat. Sedangkan segar bersinonim dengan bugar, dan mandiri berarti tidak bergantung pada orang lain. Jadi, lawan kata yang tepat untuk kata invalid adalah normal.
19. ABSAH
A. Terlarang
B. Sahih
C. Cacat
D. Ilegal
E. Benar
Jawaban:
Jawaban: D. Ilegal
Absah berarti asli, sah, autentik, atau legal. Terlarang artinya tidak diperbolehkan, sahih artinya benar, cacat artinya kurang sempurna, ilegal artinya tidak sah, dan benar artinya tidak salah. Jadi, lawan kata yang tepat untuk kata absah adalah ilegal.
20. INFERTIL
A. Normal
B. Subur
C. Cacat
D. Sehat
E. Baik
Jawaban:
Jawaban: B. Subur
Infertil adalah istilah biologi yang berarti tidak (kurang) subur. Pilihan (A), (C), (D) dan (E) tidak sesuai dengan antonim infertil. Jadi, lawan kata yang tepat adalah fertile (subur).
21. IMBESIL
A. Tumpul
B. Lambat
C. Spesial
D. Pandai
E. Suka
Jawaban:
Jawaban: D. Pandai
Imbesil adalah istilah psikologi yang berarti keadaan dimana seseorang mempunyai kemampuan berfikir yang sangat rendah. Pilihan jawaban (A), (B), (C) dan (E) tidak sesuai dengan antonim imbesil. Jadi, antonim yang tepat adalah pandai.
22. LESTARI
A. Sementara
B. Langgeng
C. Hampa
D. Sunyi
E. Lengang
Jawaban:
Jawaban: A. Sementara
Lestari berarti tidak berubah, bertahan, kekal, hampir sama artinya dengan langgeng. Sedangkan lengang artinya senggang. Hampa dan sunyi hampir memiliki arti yang sama yakni sepi. Jadi, lawan kata yang sesuai adalah sementara.
23. EKSISTENSI
A. Kefanaan
B. Kehampaan
C. Ketiadaan
D. Kekosongan
E. Kesunyian
Jawaban:
Jawaban: C. Ketiadaan
Eksistensi berarti keberadaan atau kehadiran. Kata pada pilihan (A), (B), (D) dan (E) memiliki arti yang tidak sesuai dengan antonim eksistensi. jadi, lawan kata yang sesuai adalah ketiadaan.
24. MAJAL
A. Cair
B. Wangi
C. Anyir
D. Asam
E. Tajam
Jawaban:
Jawaban: E. Tajam
Majal memiliki arti tumpul atau tidak tajam. Kata pada pilihan (A), (B), (C) dan (D), memiliki arti yang tidak sesuai dengan antonim majal. Jadi, lawan kata yang tepat adalah tajam.
25. DEFISIT 1
A. Anggaran
B. Kekurangan
C. Ganjil
D. Surplus
E. Sedikit
Jawaban:
Jawaban: D. Surplus
Defisit adalah istilah yang berarti kekurangan, kerugian, atau minus. Anggaran artinya rencanan pengeluaran, kekurangan artinya tidak mempunyai sesuatu yang diperlukan, ganjil artinya gasal dan sedikit mempunyai arti tidak banyak. Jadi, lawan kata yang tepat dari defisit adalah suplus yang berarti lebih.
26. KONSERVASI
A. Ekploitasi
B. Kuno
C. Konservatif
D. Perlindungan
E. Interpretasi
Jawaban:
Jawaban: A. Eksploitasi
Konservasi artinya pemeliharaan dan pelindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan. Kuno artinya dahulu kala, konservatori artinya tempat memelihara tanaman, perlindungan artinya tempat berlindung, dan interpretasi artinya tafsiran. Jadi lawan kata yang paling tepat adalah eksploitasi. Eksploitasi artinya pemanfaatan untuk keuntungan sendiri, penghisapan, pemerasan.
27. KRUSIAL
A. Asli
B. Berharga
C. Sepele
D. Berarti
E. Penting
Jawaban:
Jawaban: C. Sepele
Krusial artinya gawat atau penting. Kata berharga, penting dan berarti mempunyai arti hampir sama dengan krusial. Jadi, antonim kata krusial yang paling tepat adalah sepele.
28. DEGIL
A. Tengil
B. Kumal
C. Pengikut
D. Penurut
E. Normal
Jawaban:
Jawaban: C. Penurut
Degil berarti tidak mau menurut, keras kepala, kepala batu, atau nakal. Tengil artinya usil. Dan kumal artinya kotor tidak terawat. Pengikut artinya peserta, sedangkan normal artinya tidak ada kelainan. Jadi, lawan kata yang seusi dengan kata degil adalah penurut.
29. ANOMALI
A. Biasa
B. Sederhana
C. Normal
D. Nyata
E. Kurang
Jawaban:
Jawaban: C. Normal
Anomali adalah istilah yang berarti kelainan atau ketidaknormalan. Piliihan (A), (B), (D) dan (E) kurang sesuai dengan antonim anomali. Jadi, lawan kata yang tepat adalah normal.
30. MAJIR
A. Takut
B. Berani
C. Maju
D. Mundur
E. Subur
Jawaban:
Jawaban: E. Subur
Majir artinya tidak dapat beranak atau mandul. Pilihan (A), (B), (C) dan (D) kurang sesuai dengan antonim majir. Jadi, lawan kata yang tepat adalah subur.
Ingat ya Sob, waktu untuk mengerjakan soal diatas hanya 15 menit saja. Jadi, Sobat juga harus memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk tiap-tiap soal. Jika dirasa ada yang sulit, segera pindah ke soal yang lain. Dan setelah itu baru mengerjakan soal-soal yang sebelunya di lewati. Oke, jika Sobat pembaca soaltpamu.blogspot.com sudah menjawab semua. Silahkan cocokan jawaban Sobat dengan jawaban dari kami.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "(SIMULASI) Contoh Soal TPA Lawan Kata (Antonim)"

Posting Komentar