(SIMULASI) Contoh Soal TPA Analogi (Padanan Hubungan Kata)

Tes Analogi atau Padanan Hubungan Kata merupakan salah satu Tes Potensi Akademik (TPA) yang masuk dalam subtes kemampuan verbal. Tes Analogi lebih sering digunakan sebagai salah satu cara untuk mengetahui tingkat kecepatan seseorang dalam menangkap makna dan fungsi yang tersirat dalam sebuah kata, dan juga kemampuan untuk menentukan padanan berdasarkan fungsi dan makna tersebut. Untuk mengetahui secara rinci apa tujuan dan fungsi Tes Analogi, Sobat bisa membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul: Tes Kemampuan Verbal Analogi.
Bagaimana Sob, apakah sudah mengetahui gambaran umum dari tes analogi?, Nah setelah mengetahuinya, maka tidak ada salahnya bila kesempatan kali ini soaltpamu.blogspot.com, akan sedikit berbagi Contoh Soal TPA Analogi, atau lebih tepatnya Simulasi. Kami sudah menyiapkan 30 contoh soal. Sobat bisa mengerjakannya terlebih dahulu, baru kemudian mencocokan jawaban dari kami. Oke tanpa panjang kata, yuk kita mulai simulasinya.

(SIMULASI) Contoh Soal TPA Analogi (Padanan Hubungan Kata), Subtes Kemampuan Verbal, Tes Potensi Akademik Analogi, Padanan Hubungan Kata, Contoh soal TPA Analogi, Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi dan Lowongan Kerja

TES ANALOGI
30 Soal - 15 Menit

PETUNJUK:
Pilih salah satu jawaban dari lima opsi A, B, C, D atau E yang mempunyai arti sama atau mendekati dengan arti kata yang di cetak dalam huruf kapital.

1. MASINIS : KERETA = PILOT : .....
A. Kerja
B. Mobil
C. Jalanan
D. Pesawat
E. Andong
Jawaban:
Jawaban: D. Pesawat
Hal ini berkaitan dengan profesi, yaitu masinis menjalankan kereta, sedangkan pilot menjalankan pesawat. Jadi, analogi yang benar adalah Masinis : Kereta = Pilot : Pesawat
2. TANK : TENTARA = ..... : .....
A. Militer : Sawah
B. Tanah : Subur
C. Cangkul : Petani
D. Bandara : Pilot
E. Traktor : Guru
Jawaban:
Jawaban: C. Cangkul : Petani
Tentara mengunakan tank dalam melaksanakan profesinya. Maka kata yang tepat untuk menunjukkan hubungan profesi dan alat kerjanya adalah cangkul dan petani. Petani menggunakan cangkul dalam melakukan pekerjaannya. Jadi, analogi yang tepat adalah Tank : Tentara = Cangkul : Petani.
3. JANTUNG : DADA = USUS : .....
A. Hati
B. Buntu
C. Perut
D. Halus
E. Pankreas
Jawaban:
Jawaban: C. Perut
Hubungan asosiasi, jantung terletak di dalam dada sedangkan usus terletak di dalam perut. Jadi analogi yang tepat adalah Jantung : Dada = Usus : Perut.
4. AIR : CEMAR = PAKAIAN : .....
A. Daki
B. Jorok
C. Cemong
D. Kotor
E. Kumuh
Jawaban:
Jawaban: D. Kotor
Jenis hubungan "asosiasi". Jika air berhubungan dengan cemar, maka pakaian berhubungan dengan kotor. Jadi analogi yang tepat adalah Air : Cemar = Pakaian : Kotor.
5. RASA : HAMBAR = TENAGA : .....
A. Segar
B. Masam
C. Sehat
D. Lemak
E. Lemah
Jawaban:
Jawaban: E. Lemah
Hambar artinya tidak berasa maka jika dikaitkan dengan tenaga pilihan yang tepat adalah lemah, artinya tidak memiliki tenaga. Jadi analogi yang tepat adalah Rasa : Hambar = Tenaga : Lemah.
6. MATA : SIPIT = HIDUNG : .....
A. Besar
B. Lurus
C. Sempit
D. Maju
E. Pesek
Jawaban:
Jawaban: E. Pesek
Hubungan asosiasi. Mata itu sipit, sementara hidung itu pesek. Jadi analogi yang tepat adalah Mata : Sipit = Hidung : Pesek.
7. ULAR : TIKUS = CECAK : .....
A. Singa
B. Kucing
C. Nyamuk
D. Semut
E. Lintah
Jawaban:
Jawaban: C. Nyamuk
Jenis hubungan asosiasi. Ular memakan tikus dan cicak memakan nyamuk. Jadi analogi yang benar adalah Ular : Tikus = Cicak : Nyamuk.
8. BANK : TELER = RESTORAN : .....
A. Pelayan Tamu
B. Penyaji
C. Juru Masak
D. Waiters
E. Jamuan
Jawaban:
Jawaban: D. Waiters
Hubungan asosiasi. Teller melayani pelanggan di bank, sedangkan yang melayani di restoran adalah waiters. Jadi, analogi yang tepat adalah Teller : Bank = Restoran : Waiters.
9. BELAJAR : CERDAS = MAKAN : .....
A. Lega
B. Senang
C. Puas
D. Lezat
E. Kenyang
Jawaban:
Jawaban: E. Kenyang
Jenis hubungan "sebab akibat". Belajar membuat seseorang menjadi cerdas, sedangkan makan membuat seseorang menjadi kenyang. Dengan demikian, analogi yang tepat adalah Belajar : Cerdas = Makan : Kenyang.
10. ARIES : ZODIAK = BERLIAN : .....
A. Batu Mulia
B. Logam
C. Mahal
D. Perhiasan
E. Keras
Jawaban:
Jawaban: A. Batu Mulia
Jenis hubungan "bagian dari". Aries merupakan bagian dari zodiak dan berlian merupakan salah satu nama batu mulia. Jadi analogi yang benar adalah Aries : Zodiak = Berlian : Batu Mulia.
11. SAKIT : KLINIK = BELAJAR : .....
A. Hutan
B. Masjid
C. Bioskop
D. Kantor
E. Sekolah
Jawaban:
Jawaban: E. Sekolah
Hubungan asosiasi. Jika sakit maka pergi ke klinik. Ketika belajar maka akan pergi ke sekolah. Jadi analogi yang tepat adalah Sakit : Klinik = Belajar : Sekolah.
12. KARATE : BELA DIRI = BALET : .....
A. Sepatu
B. Tari
C. Indah
D. Panggung
E. Gaun
Jawaban:
Jawaban: B. Tari
Jenis hubungan "jenis". Karate merupakan salah satu jenis bela diri, begitu pula balet yang merupakan salah satu jenis tari. Dengan demikian analogi yang benar adalah Karate : Bela Diri = Balet : Tari.
13. GELANG : TANGAN = TOPI : .....
A. Kaki
B. Tangan
C. Kepala
D. Bahu
E. Punggung
Jawaban:
Jawaban: C. Kepala
Hubungan asosiasi. Gelang biasanya dikenakan di tangan, jika topi terbiasa di kenakan di kepala. Jadi analogi yang tepat adalah Gelang : Tangan = Topi : Kepala.
14. PUPIL : MATA = KANCING : .....
A. Baju
B. Tutup
C. Kunci
D. Sandal
E. Benang
Jawaban:
Jawaban: A. Baju
Hubungan asosiasi. Pupil adalah bagian dari mata, sama dengan kancing adalah bagian dari baju. Jadi analogi yang benar adalah Pupil : Mata = Kancing : Baju.
15. BURUNG : SANGKAR = KUDA: .....
A. Kolam
B. Kandang
C. Akuarium
D. Rumah
E. Istana
Jawaban:
Jawaban: B. Kandang
Hubungan asosiasi. Burung memiliki tempat tinggal di sangkar, sedangkan kuda memiliki tempat tinggal yakni di kandang. Jadi analogi yang tepat adalah Burung : Sangkar = Kuda : Kandang.
16. PENERBIT : BUKU = PERGURUAN TINGGI : .....
A. Kampus
B. Sarjana
C. Pendidikan
D. Penyunting
E. Publikasi
Jawaban:
Jawaban: B. Sarjana
Jika penerbit menghasilkan buku maka perguruan tinggi menghasilkan sarjana. Jadi analogi yang tepat adalah Penerbit : Buku = Perguruan Tinggi : Sarjana.
17. DANGDUT : MUSIK = ..... : .....
A. Teater : Acara
B. Sandiwara : Plot
C. Drama : Panggung
D. Film : Skenario
E. Farmalogi : Ilmu
Jawaban:
Jawaban: E. Farmalogi : Ilmu
Dangdut merupakan salah satu jenis musik, sedangkan farmalogi adalah salah satu jenis ilmu. Jadi analogi yang tepat adalah Dangdut : Musik = Farmalogi : Ilmu.
18. PELANGI : BIANGLALA = ..... : .....
A. Matahari : Terik
B. Mobil : Mewah
C. Sarana : Prasarana
D. Makan : Minum
E. Penjara : Bui
Jawaban:
Jawaban: E. Penjara : Bui
Jenis hubungan "sinonim". Pelangi bersinonim dengan bianglala. Sementara itu penjara bersinoim dengan bui. Jadi analogi yang tepat adalah Pelangi : Bianglala = Penjara : Bui.
19. SUHU : KELVIN = ..... : .....
A. Gempa : Berguncang
B. Matahari : Panas
C. Gempa : Ritcher
D. Listrik : Padam
E. Air : Dingin
Jawaban:
Jawaban: C. Gempa
Jika satuan untuk suhu berupa Kelvin, sedangkan satuan untuk gempa adalah skala ritcher. Jadi analogi yang tepat adalah Suhu : Kelvin = Gempa : Ritcher.
20. RADIO : INFORMASI = ..... : .....
A. Sarjana : Toga
B. Televisi : Antena
C. Telepon : Komunikasi
D. Baju : Cuci
E. Makan : Minum
Jawaban:
Jawaban: C. Telepon : Komunikasi
Radio dan informasi menunjukkan hubungan fungsi. Radio berfungsi sebagai sarana informasi bagi manusia. kata yang tepat sesuai dengan hubungan fungsi yakni telepon dan komunikasi. Telepon berfungsi sebagai alat komunikasi antar manusia. Jadi analogi yang benar adalah Radio : Informasi = Telepon : Komunikasi.
21. MELATI : PUTIH = ..... : .....
A. Makan : Minum
B. Langit : Biru
C. Mawar : Duri
D. Susu : Stroberi
E. Burung : Sayap
Jawaban:
Jawaban: B. Langit : Biru
Hubungan asosiasi. Melati berwarna putih, sama seperti langit berwarna biru. Jadi analogi yang tepat adalah Melati : Putih = Langit : Biru.
22. BANGSA : ETHNOLOGI = ..... : .....
A. Bumi : Demografi
B. Penyakit : Patologi
C. Alam : Astronomi
D. Hewan : Gastronomi
E. Tumbuhan : Eksobiologi
Jawaban:
Jawaban: B. Penyakit : Patologi
Ilmu yang mempelajari tentang bangsa dinamakan ethnologi. Sementara ilmu yang mempelajari tentang penyakit adalah patologi. Jadi analogi yang tepat adalah Bangsa : Ethnologi = Penyakit : Patologi
23. MENGEREM : BERHENTI = BIUS : .....
A. Mobil
B. Obat
C. Kecelakan
D. Tidur
E. Sadar
Jawaban:
Jawaban: D. Tidur
Mengerem dan berhenti merupakan hubungan sebab akibat, jika kita mengerem maka yang akan terjadi adalah berhenti. Kata yang sesuai untuk menghubungkan sebab akibat kata bius adalah tidur. Jika dilakukan bius maka yang akan terjadi adalah tidur. Jadi analoginya menjadi Mengerem : Berhenti = Bius : Tidur.
24. INDRA : MATA = PERNAPASAN : .....
A. Bulu
B. Kuku
C. Insang
D. Telinga
E. Tulang
Jawaban:
Jawaban: C. Ingsang
Indera dan mata merupakan hubungan dari. Mata merupakan bagian dari indera, sehingga kata yang memiliki hubungan dari adalah pernafasan dan ingsang. Ingsang merupakan bagian dari pernafasan. Jadi analoginya menjadi Indra : Mata = Pernapasan : Ingsang
25. PANGGUNG : AKTOR = RING : .....
A. Pelayan
B. Petinju
C. Pengarang
D. Guru
E. Penyanyi
Jawaban:
Jawaban: B. Petinju
Hubungan asosiasi. Aktor bekerja di panggung dan yang bekerja di ring adalah petinju. Jadi analogi yang tepat adalah Panggung : Aktor = Ring : Petinju.
26. BUSUR : ANAK PANAH = SENAPAN : .....
A. Bahaya
B. Peluru
C. Senjata
D. Tembak
E. Tentara
Jawaban:
Jawaban: B. Peluru
Jika busur adalah alat yang digunakan untuk melesatkan anak panah. Sedangkan senapan merupakan salah satu alat yang digunakan untuk melesatkan peluru. Jadi jawaban yang paling tepat adalah Busur : Anak Panah = Senapan : Peluru.
27. MOBIL : JALAN = PERAHU : .....
A. Orang
B. Ombak
C. Nelayan
D. Angin
E. Laut
Jawaban:
Jawaban: E. Laut
Jika mobil berjalan di jalan, sedangkan tempat perahu berjalan di laut. Jadi analogi yang tepat adalah Mobil : Jalan = Perahu : Laut
28. DOMBA : CUKUR : BULU = .....
A. Sapi : Kawin : Susu
B. Ayam : Potong : Daging
C. Kuda : Penunggang : Sadel
D. Kambing : Embik : Tanduk
E. Kerbau : Tanduk : Kepala
Jawaban:
Jawaban: B. Ayam : Potong : Daging
Hubungan "proses". Domba di cukur untuk diambil bulunya, sehingga jawaban yang sesuai dengan hubungan proses ini adalah ayam di potong untuk diambil dagingnya. Jadi analogi yang tepat adalah Domba : Cukur : Bulu = Ayam : Potong : Daging.
29. BELALANG : KATAK : ULAR = .....
A. Rumput : Sapi : Manusia
B. Ikan : Gurita : Udang
C. Susu : Sapi : Manusia
D. Bunga : Mawar : Melati
E. Cacing : Ayam : Bebek
Jawaban:
Jawaban: A. Rumput : Sapi : Manusia
Hubungan asosiasi. Soal menunjukkan rantai makanan pada hewan. Belalang dimakan katak dan katak dimakan ular. Hal tersebut setara dengan rumput yang dimakan sapi, lalu sapi dimakan oleh manusia. Jadi analogi yang tepat adalah Belalang : Katak : Ular = Rumput : Sapi : Manusia.
30. JEPANG : YEN : KIMONO = .....
A. Meksiko : Gulden : Sabero
B. India : Rupee : Sari
C. Malaysia : Ringgit : Topi
D. Thailand : Bath : Ankara
E. Amerika Serikat : Lima : Dolar
Jawaban:
Jawaban: B. India : Rupee : Sari
Hubungan "asosiasi". Negara Jepang memiliki mata uang yen dan mempunyai pakaian tradisional kimono. Sementara itu India mempunyai mata uang Rupee dan memiliki pakaian tradisional Sari. Jadi analogi yang tepat adalah Jepang : Yen : Kimono = India : Rupee : Sari.
Nah tanpa terasa sudah sampai 30 soal, apakah Sobat sudah mengerjakan Contoh Soal TPA Analogi diatas? Perlu diingat bahwa Sobat hanya diberi waktu 15 menit untuk mengerjakannya, jadi sebelum mulai menjawab, ada baiknya jika sobat mencocokan waktunya, untuk mengetahui berapa waktu yang sobat gunakan untuk mengerjakannya. Untuk mengetahui tips dan trik menyelesaikan Tes Potensi Akademik, silahkan sobat baca artikel kami 5 Tips Jitu Menyelesaikan Tes Potensi Akademik. Oke sampai disini dulu, sampai ketemu di contoh soal yang lain.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "(SIMULASI) Contoh Soal TPA Analogi (Padanan Hubungan Kata)"

Posting Komentar