Tes Kemampuan Verbal: Contoh Soal TPA Antonim (Lawan Kata)

Antonim dapat diartikan sebagai lawan kata yang memiliki makna atau pengertian yang berlawanan dengan kata lainnya. Dalam Tes Antonim, peserta tes diwajibkan mencari salah satu kata dalam pilihan jawaban, yang memiliki makna yang berlawanan dengan kata yang disebutkan dalam soal. Untuk dapat menyelesaikan tes ini Sobat pembaca soaltpamu.blogspot.com  memerlukan ketelitian dan kecermatan. Sebab, disini Sobat di tuntut untuk mencari kata yang benar-benar memiliki makna berlawanan dari kata soal, diantara kata-kata dalam pilihan jawaban yang umumnya memiliki makna berbeda-beda. Selain itu sering sekali peserta tes terkecoh dengan memilih jawaban yang justru memiliki makna yang sama (sinonim). Oleh karena itu ketelitian dan kecermatan menjadi hal paling utama dalam menyelesaikan tes ini.

Tujuan dan Manfaat Tes Antonim (Lawan Kata). 

Selain bertujuan untuk menguji kemampuan verbal seseorang, lebih jauh tes antonim ini juga dimaksudkan untuk mengukur ketelitian serta kemampuan analisa serta sintesis para peserta tes. Dalam dunia kerja, kemampuan tersebut sangat diperlukan untuk dapat menganalisa suatu permasalahan yang mungkin terjadi sehingga segera dicari solusinya. Sedangkan dalam dunia akademik, pengetahuan terhadap ketelitian serta kemampuan analisis dan sintesis seseorang dimaksudkan untuk menentukan apakah dia cocok atau sesuai dengan bidang pendidikan yang dia pilih. 
Tes Kemampuan Verbal: Contoh Soal TPA Antonim (Lawan Kata), tujuan dan manfaat tes antonim, Contoh Soal Tes Potensi Akademik Lawan Kata (Antonim), dan tips mengerjakan tpa antonim
Illustrasi Gambar Tes Kemampuan Verbal Antonim (Lawan Kata)

Tips dan Trik Mengerjakan Tes Antonim (Lawan Kata). 
  1. Amati setiap pilihan jawaban dengan seksama. Apabila ada kata yang memiliki makna berlawanan dengan kata dalam soal, maka bisa dipastikan itulah antonimnya. Ingat, yang dicari adalah kata yang memiliki makna berlawanan, bukan kata dengan makna yang berbeda. 
  2. Tetap focus, teliti dan cermat. Jangan sampai terkecoh dengan memilih kata yang bermakna sama dengan kata soal. Sering ada sinonim yang terdapat pada pilihan jawaban. Hal ini bertujuan sebagai jebakan. 
  3. Apabila kata di dalam soal merupakan kata serapan dari bahasa asing, kembalikan ke dalam bahasa aslinya. Setelah itu artikan, kemudian cari antonimnya.
  4. Pahami benar makna kata dalam soal. Misalnya kata "sedih", makna dari kata "sedih" adalah "bersusah hati". Maka antonimnya adalah "bersenang hati". Apabila tidak ada kata "bersenang hati". Sobat pembaca soaltpamu.blogspot.com harus mencari idiom yang tepat untuk kata tersebut. Seperti, misalnya saja, "gembira". Apabila Sobat tidak paham sama sekali dengan kata di dalam soal, Sobat dapat memasukkannya kedalam konteks kalimat. Lalu perkirakan artinya dan kemudian cari antonimnya. 
Setelah membaca pengertian dan tujuan dari tes antonim serta tips dan trik dalam pengerjaannya, untuk lebih memudahkan Sobat, kami sudah menyiapkan beberapa contoh soal Antonim (lawan kata) beserta jawabannya. Untuk selengkapnya silahkan simak dibawah ini. 

1. PROFESIONAL >< .....
A. Profesor
B. Expert
C. Pakar
D. Amatir
E. Jawara
Jawaban:
Profesional dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan profesi dan memerlukan kepandaian khusus. Lawan dari kata profesional dapat diartikan sebagai hal-hal yang dilakukan hanya berdasarkan kesenangan atau hobi semata. Yang demikian itu biasa disebut amatiran atau amatir. Jadi antonim dari kata profesional adalah AMATIR (D).
2. ABSEN >< .....
A. Izin
B. Cuti
C. Hadir
D. Tidak Masuk
E. Berhalangan Hadir
Jawaban:
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas, Sobat harus mengetahui makna dari kata absen. Absen memiliki arti tidak masuk atau tidak hadir. Empat pilihan jawaban, yaitu A (izin), B (cuti), D (tidak masuk) dan E (berhalangan hadir), memiliki makna yang sama dengan kata absen. Dengan demikian, lawan kata atau antonim yang tepat dari kata absen adalah HADIR (C).
3. HETEROGEN >< .....
A. Oksigen
B. Homogen
C. Agen
D. Beragam
E. Berlainan Jenis
Jawaban:
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas, Sobat harus mengetahui makna dari kata heterogen. Heterogen berarti terdiri atas berbagai unsur yang berbeda, berlainan jenis, atau beragam. Piliah jawaban D (beragam) dan E (berlainan jenis) merupakan sinonim dari kata heterogen. Adapun lawan kata dari heterogen adalah terdiri atas unsur, jenis dan macam yang sama, atau di sebut juga dengan homogen. Jadi, antonim yang tepat dari kata heterogen adalah HOMOGEN (B).

4. HAMBATAN >< .....
A. Rintangan
B. Kendala
C. Halangan
D. Gangguan
E. Kesempatan
Jawaban:
Hambatan dapat diartikan sebagai penghalang, perintang, dan segala sesuatu yang membuat pekerjaan atau perjalanan menajdi lambat atau tidak lancar. Dengan demikian, pilihan jawaban A, B, C dan D merupakan sinonim dari kata harapan. Jadi lawan kata atau sinonim yang tepat dari halanan adalah KESEMPATAN (E).
5. IMPRESIF >< .....
A. Keren
B. Mengagumkan
C. Sederhana
D. Mengesankan
E. Berharga
Jawaban:
Impresif dapat diartikan sebagai sesuatu yang memberi atau meninggalkan kesan yang sangat mendalam, atau sesuatu yang pertisius dan berharga. Pilihan jawaban A, B, D dan E merupakan sinonim dari kata impresif. Jadi lawan kata yang tepat dari impresif adalah SEDERHANA (C).
6. SIMPATI >< .....
A. Kasih Sayang
B. Empati
C. Antipati
D. Tenggang Rasa
E. Afeksi
Jawaban:
Simpati dapat diartikan sebagai rasa kasih, rasa suka, atau keikutsertaan merasakan perasaan senang, susah dan sebagainya yang dirasakan orang lain. Pilihan jawaban A, B, D dan E memiliki makna yang hampir sama dengan kata simpati, sehingga bukan jawabannya. Lawan kata yang sesuai untuk kata simpati adalah ANTIPATI (C).
7. YAYI >< .....
A. Adik
B. Kakak
C. Ayah
D. Ibu
E. Tante
Jawaban:
Untuk menjawab pertanyaan diatas Sobat pembaca soaltpamu.blogspot.com harus mengetahui terlebih dahulu arti kata yayi. Yayi merupakan kata yang berasal dari bahasa Jawa, yang berarti adik. Antonim yang tepat untuk kata yayi adalah KAKAK (B).
8. BADANIAH >< .....
A. Lahiriah
B. Jasmaniah
C. Rohaniah
D. Fisik
E. Ragawi
Jawaban:
Badaniah adalah segala sesuatu yang bersifat fisik, jasmaniah, kebendaan, lahirian, materiil, ragawi dan sebagainya. Dengan demikian pilihan jawaban A, B, D dan E merupakan sinonim dari badaniah. Adapun lawan kata dari badaniah adalah segala sesuatu yang bersifat batiniah, kejiwaan, dan kerohanian. Dengan begitu, antonim yang tepat dari badaniah adalah ROHANIAH (C).

9. DINAMIS >< .....
A. Dinamit
B. Dinamo
C. Dimensi
D. Aktif
E. Statis
Jawaban:
Dinamis berarti selalu bergerak dengan cepat dan mudah berubah menyesuaikan keadaan. Dinamit berarti bom atau alat peledak. Dinamo memiliki arti mesin atau alat pemangkit listrik. Dimensi merupakan ukuran atau ruang. Aktif merupakan sinonim dari dinamis, yaitu selalu bergerak, bersemangat, bergairah. Adapun statis memiliki arti keadaan yang diam, tidak berubah, tidak mau menyesuaikan diri dengan zaman. Jadi, antonim yang tepat untuk kata dinamis adalah STATIS (E).
10. TANYA >< .....
A. Apa
B. Kenapa
C. Jawab
D. Bagaimana
E. Diam
Jawaban:
Kata tanya atau bertanya dapat diartikan sebagai kegiatan memimta keterangan, penjelasan dan sebagainya. Pilihan jawaban A (apa), B (kenapa), dan D (bagaimana) merupakan bentuk dari kata tanya, sehigga bisa dipastikan bukan itu jawabannya. Pilihan jawaban C (jawab), dapat diartikan sebagai kegiatan memberi penjelasan atau keterangan atas sebuah pertanyaan. Jadi antonim yang tepat untuk kata tanya adalah JAWAB (C).
Demikian Contoh Soal TPA Antonim (Lawan Kata), yang merupakan salah satu subtes dari Tes Kemampuan Verbal. Semoga uraian diatas dapat menjawab rasa penasaran Sobat dan memberikan sedikit gambaran mengenai mode atau tipe soal yang akan di ujikan untuk tes Antonim. 
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tes Kemampuan Verbal: Contoh Soal TPA Antonim (Lawan Kata)"

Posting Komentar