Macam Jenis Tes Potensi Akademik (TPA) dan Fungsinya

Pernah mendengar tentang Tes Potensi Akademik (TPA)? mungkin ada sebagian dari Sobat pembaca soaltpamu.blogspot.com yang penasaran dan ingin mencari tahu apa itu TPA. Tes Potensi Akademik atau yang sering disingkat dengan TPA adalah sebuah tes yang berkaitan dengan kemampuan akademis atau keilmuan seseorang, jika sobat ingin mengetahui definisi dari TPA sobat bisa membaca artikel kami yang berjudul Apa itu TPA dan Manfaat TPA.
Kesempatan kali ini kita akan berbagi tentang jenis-jenis atau macam soal TPA. Tes Potensi Akademik terdiri dari empat (4) jenis tes yang masing-masing terbagi menjadi beberapa jenis subtes. Secara lebih rinci berikut adalah rangkaian test-tes yang ada dalam Tes Potensi Akademik.

Jenis-Jenis Tes Potensi Akademik (TPA) dan Fungsinya
Mengenal Macam Jenis Tes Potensi Akademik (TPA), Fungsi dari TPA, Poin Minimal TPA untuk Mahasiswa S2, S3, dan Dosen
Illustrasi Gambar Jenis-jenis Tes Potensi Akademik (TPA)

1. Tes Kemampuan Verbal

Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dan kecakapan seseorang dalam bidang verbal. Seperti penguasaan perbendaharaan kata, pemahaman wacana, serta kemampuan seseorang dalam memahami kata dalam konteks tertentu.

Tes Kemampuan Verbal terbagi lagi menjadi beberapa subtes, diantaranya sebagai berikut:

2. Tes Kemampuan Numerik

Berbeda dengan tes nomor 1 yang berhubungan dengan kemampuan verbal, tes kemampuan numerik merupakan tes yang berkaitan dengan bidang matematika dasar. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berpikir secara logis dan terstruktur.

Tes Kemampuan Numerik terbagi menjadi beberapa subtes antara lain:

3. Tes Kemampuan Penalaran

Bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang untuk berpikir secara logis (nalar). Tujuan yang lebih khusus dari tes ini adalah untuk melihat kemampuan seseorang dalam mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya.

Tes Kemampuan Penalaran terbagi menjadi beberapa subtes, diantaranya sebagai berikut:
4. Tes Kemampuan Visual Spasial

Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur kemampuan seseorang untuk berpikir secara logis atau nalar melalui gambar-gambar yang tersedia dalam soal.

Tes Kemampuan Visual Spasial terbagi lagi menjadi beberapa subtes, antara lain adalah:
  • Tes Perbedaan Gambar
  • Tes Pencerminan
  • Tes Jaring-jaring
  • Tes Presepsi Gambar

Materi dari setiap tes yang tersebut diatas, disesuaikan dengan standar internasional, yaitu GRE (Graduate Record Examination). Berdasarkan standar tersebut, rentang nilai dalam Tes Potensi Akademik adalah antara 200 hingga 800 poin. Dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Untuk calon mahasiswa S2, rentang nilai yang harus di capai adalah sekitar 400-500 poin
  • Untuk calon mahasiswa S3, rentang nilai yang harus di capai adalah sekitar 550-600 poin.
  • Untuk dosen baru, harus memperoleh nilai TPA minimal 530 poin sebagai persyaratan untuk mendapatkan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). 
Bagaimana sobat, sudah punya gambaran jenis-jenis Tes Potensi Akademik dan jumlah poin masing-masing? Berikutnya kita akan coba mengupas tentang TPA versi OTO BAPPENAS, dan syarat-syarat mengikuti tes tersebut.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam Jenis Tes Potensi Akademik (TPA) dan Fungsinya"

Posting Komentar