5 Tips Jitu Menghadapi Tes Potensi Akademik (TPA)

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah sebuah tes untuk menguji kemampuan seseorang terutama dalam bidang akademi. Biasanya tes ini dilakukan oleh sebuah instansi atau lembaga guna menyeleksi para calonnya. Seperti misalnya TPA universitas, TPA kenaikan jabatan atau pun TPA untuk penerimaan karyawan baru. Nah kali ini soaltpamu.blogspot.com akan berbagai kepada sobat pembaca Tips dan Trik untuk menghadapi Tes Potensi Akademik (TPA).


Tips dan Trik Menghadapi Tes Potensi Akademik (TPA)

5 Persiapan Sebelum Mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA), Trik Menghadapi TPA, Persiapan Mental Menghadapi Tes Potensi Akademik, Tips Percaya diri menghadapi TPA, Trik Cepat Mengerjakan Soal TPA
Illustrasi Gambar Tips dan Trik Menghadapi Tes Potensi Akademik (TPA)

1. Persiapan Fisik

Pada saat mengikuti Tes Potensi Akademik, Anda dituntut untuk mengerjakan soal-soal dengan jumlah yang cukup banyak, dan dalam waktu yang terbatas. Hal ini tentu saja akan menguras cukup banyak energi. Oleh karenanya, sebaiknya sehari sebelum menghadapi tes Anda beristirahat dengan cukup agara kondisi fisik Anda prima. Jangan terlalu semangat belajar terlebih hingga larut malam dan membuat Anda kurang tidur, karena kuran tidur dapat membuat Anda lesu dan kurang bersemangat.

Selain itu, pastikan bahwa Anda sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat ke lokasi tes. Kondisi perut yang lapar bisa saja membuat Anda susah focus dan tidak dapat berfikir jernih dalam mengerjakan soal-soal.

2. Survey Lokasi Tes
Alangkah baiknya bila Anda survei terlebih dahulu lokasi dimana tes akan dilaksanakan, beberapa hari sebelum hari tes. Tujuannya agar ketika hari tes telah tiba, Anda bisa langsung menuju lokasi tes tanpa harus mencari-cari lagi. Mencari-cari lokasi tes pada saat hari pelaksaan tes, akan beresiko Anda terlambat sampai di lokasi. Selai itu, pikiran Anda juga akan terpecah, dan Anda juga akan membuang energi sehingga pada saat tes Anda sudah kelelahan.

Dengan mengetahui lokasi tes sebelum hari pelaksanaan, Anda dapat tiba di lokasi tes lebih awal. Anda akan memiliki waktu untuk mengatur nafas, menenangkan diri. Dengan demikian, mental Anda akan lebih siap dalam mengerjakan soal-soal tes yang akan di ujikan.

3. Berlatih Sebelum Menghadapi Tes
Tes Potensi Akademik merupakan tes yang berkaitan dengan kemampuan akademis seseorang. Namun demikian, tak menjamin seseorang yang cerdas sekalipun akan sukses dalam tes ini. Sebab dalam menghadapi Tes Potensi Akademik Anda di tuntut untuk menyelesaikan beragam soal-soal dalam waktu yang terbatas. Persiapan yang cukup sangat di perlukan sebelum menghadapi tes yang sesungguhnya.

Persiapan dalam hal ini adalah mempelajari materi-materi yang akan di ujikan. Anda dapat belajar kemali materi pelajaran yang Anda dapat di sekolah, seperti bahasa Indonesia, matematika dasar, sejarah, serta kewarganegaraan. Anda juga dapat memperkaya pengetahuan umum Anda dengan banyak membaca koran, buku, majalah, ensiklopedia dan lainnya.

Disamping itu, Anda dapat mempelajari dan berlatih mengerjakan soal-soal sejenis dengan soal yang akan keluar dalam tes. Latihan soal dapat membantu Anda untuk lebih memahami karakter soal yang akan di ujikan. Selain itu juga dapat menjadi simulasi sehingga Anda lebih siap ketika menghadapi tes yang sesungguhnya.

4. Manajemen Waktu
Manajemen waktu juga merupakan salah satu hal paling penting yang harus Anda perhatikan pada saat menghadapi TPA. Sebagaimana yang terlah dikemukakan diatas, Anda harus mengerjakan soal-soal dengan jumlah yang tidak sedikit dalam waktu yang terbatas.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah cermati aturan pengerjaan soal, jumlah soal yang ada, serta waktu yang disediakan. Dengan demikian Anda dapat memperkirakan estimasi waktu yang anda miliki untuk mengerjakan setiap soal.

Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Terlalu lama berkutat dengan soal yang sulit hanya akan menyita waktu Anda. Anda dapat mencoba mengerjakan kembali soal-soal yang dilewati ketika ada cukup waktu yang tersisa setelah Anda selesai mengerjakan semua soal.

Dan yang terpenting, jangan berbuat curang. Selain beresiko Anda akan didiskualifikasi, berusaha berbuat curang dengan mencontek teman sebelah Anda misalnya, hanya akan membuat waktu Anda terbuang. Lebih baik tetap tenang dan focus pada soal-soal di hadapan Anda.

5. Berdoa
Jangan pernah melupakan doa untuk setiap upaya yang sedang Anda lakukan. Sebab sudah banyak bukti bahwa doa dapat memberikan keajaiban dan berperan penting bagi keberhasilan seseorang. Selai itu, dengan berdoa juga akan memberikan efek timbulnya keyakinan dalam diri Anda, Anda akan lebih mantap dan percaya diri dalam menghadapi tes.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Tips Jitu Menghadapi Tes Potensi Akademik (TPA)"